Berguru Kepada Puisi Karya Joko Pinurbo

Berguru Kepada Puisi


Sumber: mojokstore.com

Buku ini merupakan kumpulan tanggapan Mas Jokpin kepada penyair-penyair terkenal Indonesia. 

Buku ini akan memberikan informasi kepada pembaca khususnya yang ingin belajar menulis puisi. Pada buku ini, pembaca akan dikenalkan dengan sejumlah pengarang Indonesia yang karyanya dianggap baik dari dalam segi perpuisian oleh Mas Jokpin. Untuk selanjutnya, kita dapat mempelajari teknik kepenulisan yang lebih baik dalam berpuisi.



Sumber: Youtube

Dalam buku Berguru Kepada Puisi, pembaca juga akan menemukan apa sebenarnya yang dimaksud dengan "larut dalam perasaan", "mengambil jarak dalam perasaan", dan "mengendalikan emosi" yang sering Mas Jokpin sampaikan dalam wawancara atau video Youtube yang banyak tersebar. Selanjutnya, pembaca akan diberikan contoh-contoh puisi yang ditulis oleh "tangan yang dingin" untuk lebih jelas mengetahui definisi "mengambil jarak dalam perasaan" dalam menulis subuah puisi.

Salah satu pembelajaran dalam menulis puisi yang penti yaitu pengalaman membaca puisi yang berbeda, dan mendapat gambaran tentang bagaimana Mas Jokpin dalam menginterpretasikan puisi itu sendiri baik dari segi teknik kepenulisan maupun makna puisi yang ia sajikan dalam buku ini.

Sebagaimana yang telah disebutkan, buku ini juga menyajikan beberapa puisi karya penyair nasional yang mendapat perhatian Mas Jokpin. meskipun tidak banyak, beberapa contoh puisi yang disajikan dirasa sudah cukup merepresentasikan karakteristik si penulis puisi tersebut. hal ini dirasa cocok untuk orang-orang yang ingin belajar menulis puisi dengan lebih baik ataupun bahan pertimbangan dalam menulis puisi yang lebih berkembang dibandingkan dengan karya-karya yang telah ada sebelumnya.

Comments